5 Trik Panduan Mudah Membeli Laptop Untuk Mahasiswa Design

Laptop adalah asset bernilai untuk mahasiswa jurusan Design Komunikasi Visual (DKV). Karenanya, laptop yang kamu miliki harus bisa mendukung beberapa tugas kuliahmu. Berikut trik dan tips memilih dan membeli laptop terbaik untuk design.

Untuk mengerjakan pekerjaan design secara digital, kamu harus memakai laptop. Selain pensil, salah satu asset mahasiswa jurusan Design Komunikasi Visual (DKV) ialah laptop. Di jurusan DKV, tentu saja kamu akan mendapatkan pekerjaan yang perlu dibuat secara digital, khususnya di masa pandemi COVID-19 di mana umumnya pekerjaan juga harus di-submit secara online.

Memilih laptop untuk design, tentu saja tidak dapat asal-asalan. Pasalnya , kamu memerlukan beberapa spesifikasi khusus untuk mendukung hasil karyamu. Berikut beberapa tips memilih laptop design terbaik yang sudah admin kumpulkan melansir dari https://teknokrad.com.

5 Tips Memilih Laptop Design Terbaik

1. Minimum Processor Core 2 Duo

Salah satu cara memilih laptop design terbaik dengan menimbang processor laptop tersebut. Untuk menyimpan beberapa software design, kamu membutuhkan laptop dengan minimum processor core 2 duo.

Processor Core 2 Duo ialah bagian keluarga dari mikroprosesor dari Intel yang disebut generasi ke-2 dari arsitektur Core. Performa laptop yang diperlengkapi processor ini lebih tinggi 40% dibanding processor Intel generasi sebelumnya. Processor Core 2 Duo akan membuah laptop kamu terbebas dari lambat.

2. RAM Minimum 4GB atau 8GB: Laptop Design

Performa laptop akan semakin baik bila kemampuan RAM laptop mencukupi. RAM laptop berbeda dengan smartphone. Dalam laptop, RAM bisa di-upgrade sesuai keperluan. Sementara itu, RAM smartphone tidak bisa ditingkatkan. Tetapi, sesuaikan keperluan RAM dengan tujuan penggunaan laptop.

Baiknya, laptop untuk design memakai RAM minimum 4GB atau 8GB. RAM sebesar itu tentu saja tidak membuat laptop berjalan lamban.

Baca :  5 Rekomendasi Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah

3. Tentukan Ukuran dan Resolusi layar yang Pas

Biasanya, untuk keperluan design grafis, kamu memerlukan laptop dengan ukuran yang lebar. Namun, hal ini bukanlah sekedar mengacu pada lebar dalam inchi, tetapi dalam resolusi layar. Untuk mengerjakan pekerjaan design, laptop baiknya mempunyai resolusi minimum 1.366 x 768.

Kamu bisa juga memilih resolusi yang lebih besar kembali, yakni 1.600x 900. Disamping itu, kamu bisa juga memilih laptop design dengan layar anti-glossy untuk menjaga kenyamanan mata saat lama-lama di depan laptop. Kunjungi teknokrad.com untuk informasi lebih lanjut terkait  tips memilih laptop untuk pelajar dan mahasiswa

4. Upayakan Dilengkapi Kartu Grafis Dedicated

Kartu grafis atau yang dikenal juga dengan video graphics array (VGA) dalam sebuah laptop berperan untuk memproses dan mengartikan output computer ke layar monitor. Setiap laptop telah mempunyai kartu grafis bawaan yang dikenal dengan istilah kartu grafis integrated.

Tetapi, jenis kartu grafis ini umumnya belum mampu memenuhi performa laptop untuk mengerjakan beberapa tugas design. Oleh karenanya, salah satu tips memilih laptop design ialah memilih laptop yang dilengkapi dengan kartu grafis dedicated. Artinya, laptop tersebut mempunyai data dan VRAM sendiri. Hal tersebut pasti membuat laptop anti lelet dan bisa mendukung kegiatan, seperti design grafis atau animasi.

5. Sesuaikan dengan Bujet

Hal paling penting yang perlu diperhitungkan saat sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop ialah pastikan harga laptop sesuai bujet. Hindari memaksa diri untuk membeli laptop terbaik. Pastikan kamu memilih laptop pada harga terjangkau dan sesuai tujuan pemakaian laptop.

Setelah memahami beberapa tips memilih laptop design, sekarang kamu dapat menghasilkan design terbaik. Semoga bermanfaat!