5 Rekomendasi Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah

Sekolah di Indonesia mempunyai ketetapan sendiri dengan seragam sekolahnya sehingga tiap sekolah punya seragam yang berbeda. Sebagai perangkat yang paling wajib, pihak sekolah tidak boleh sembarangan ketika menentukan jenis bahan / kain untuk seragam sekolah bagi beberapa siswanya.

Umumnya setiap tahun ajaran baru, permintaan buat kain yang digunakan seragam sekolah kian bertambah. Dimulai dari TK sampai SMA, pihak sekolah pasti mencari beragam jenis jenis bahan yang digunakan buat seragam atasannya mau pun bawahannya. Walau berwarna tidak sama, tetap saja pihak sekolah harus mempertimbangkan penyeleksian kain yang digunakannya.

Jenis Bahan buat Seragam Sekolah
Sangat banyak yang perlu diperhitungkan ketika menentukan kain seragam sekolah. Satu diantaranya ialah kualitas seragam yang nanti ingin digunakan bagi beberapa siswanya. Jika seragamnya punya kualitas yang bagus, sudah pasti semakin lebih tahan lama dan siswa merasa nyaman memakainya. Karenanya, kamu harus tahu beberapa jenis bahan seperti apa yang cocok buat konveksi seragam sekolahnya.

1. Bahan Katun linen

Jenis kain ini masih termasuk ke dalam kelompok katun. Beda dengan jenis katun lainnya, katun linen mempunyai keunikan yang setiap seratnya telah tersusun dengan sangat rapi. Tetapi, jangan tertipu dengan sebutannya katun, karena jenis ini tidak dibuat dari serat kapas loh.

Walau demikian, katun linen mempunyai beberapa kelebihannya, yakni seratnya yang bahkan juga lebih kuat dari bahan katun yang lain yang menggunakan serat kapas. Disamping itu, siswa yang kenakan seragam kain ini tidak akan mudah kepanasan karena bahannya sendiri mudah meresap keringat sehingga pas sekali buat beberapa sekolah di Indonesia yang beriklim tropis.

2. Bahan Drill

Jenis bahan / kain untuk seragam sekolah ini kerapkali digunakan buat bawahannya seragam cewek-cewek atau lebih tepatnya rok dan beberapa seragam atasannya. Tetapi, jangan salah asal-asal pilih karena bahan drill masih mempunyai banyak jenisnya lainnya lagi loh. Tiap jenis kainnya lagi mempunyai perbedaan kehalusannya yang dapat memengaruhi harga per meternya.

Baca :  Pengertian Asuransi Jiwa dan juga Manfaatnya yang Perlu di Ketahui

Ada jenis kain taipan, ventaro, americandrill, japan drill, venoza, dan cadillac. Tetapi, asal kamu tahu nih, dari semua bahan-bahan itu, yang termahal ialah kain taipan drill. Bahan tersebut betul-betul sangat halus karena punya serat katun yang banyak.Tidak heran seragam dengan bahan taipan drill lebih lembut dibanding jenis kain drill yang lain.

3. Bahan Oxford

Umumnya konveksi seragam sekolah di wilayah mana saja menggunakan jenis kainoxford karena punya keunggulan sendiri yang nyaman digunakan setiap siswanya. Kain oxford mempunyai serat-serat yang paling kuat, sehingga tidak akan mudah robek dan tahan lama pemakaiannya. Tidak cuman itu saja, pemilihan warnanya tidak sedikit, jadi tidak heran buat tentukan warnanya saja lebih mudah variasinya.

Tetapi, bahan oxford dikeluarkan dari beragam merek-merek yang berbeda sehingga saat kamu menelusurinya di pasar harga dan kwalitasnya tentu tidak akan sama. Setiap brand-nya mempunyai kekurangan dan keunggulannya masing-masing, jadi kamu cari tahu dahulu bedanya supaya bisa cocok dengan keperluan sekolahnya. Walau demikian, seragam yang banyak menggunakan kain oxford ialah seragam pramuka.

4. Bahan TC

Selain bahan oxford, masih tetap ada kain TC yang menjadi sebagian besar bahan yang digunakan konveksi seragam sekolah di mana pun. Ada beberapa varian yang dapat kamu tentukan dari kain TC, yakni TC Nyonya, TC dakron, TC kijang, dan lain-lain. Tetapi dari semuanya yang paling banyak digunakan ialah TC dakron, kain ini juga kerap digunakan untuk grosir daster murah karena harganya yang bersahabat.

TC dakron mempunyai kelebihannya sendiri yang berbeda dari bahan yang lain. Berbahan yang paling lembut membuat pelajar yang menggunakannya pasti betah terus-terusan memakainya. Tidak itu saja, kainnya yang dingin juga pasti membuat siswa nyaman menggunakannya.

Baca :  Tips Memilih Jasa Sedot WC Berkualitas dan Terpercaya di Surabaya

5. Bahan Pelat

Jika pihak sekolah atau kamu mempunyai bujet yang terbatas, lebih bagus gunakan jenis kain pelat saja. Harga lebih ekonomis loh dibanding kain lainnya. Namun, beberapa warna yang disiapkan bergantung dari merk apa yang ingin digunakan . Maka, jika kamu ingin warnanya semakin banyak disiapkan, tentukan merk yang sediakan banyak
pemilihan warnanya.

Kemungkinan kamu yang ingin seragamnya sesuai keinginan, cocok sekali nih memakai bahan ini karena mayoritas konveksi seragam sekolah tentu menggunakan kain ini buat bisa kustom seragam.

Penutup

Itulah bahan kain seragam yang kerap digunakan untuk seolah, karena harganya yang murah dan kualitasnya bagus. Semoga artikel ini bermanfaat!